Kamis, 16 Juni 2016

Sejarah Honda CB


#SELAMAT MALAM PARA KAWAN SEKALIAN#
(Menyimak info sekitarHonda CB Sejarah, Modifikasi, Becak dan Animasi )
_________________________________________________________________

____________________

Kata Pengantar
____________________

Lewat link :
http://angkolafacebook.blogspot.co.id/2016/02/becak-sipirok-dalam-peran-percepatan.html
penulis mengurai becak Sipirok yang menggunakan motor Honda Cb sebagai
penarik becaknya (gerobak-nya).

Nah...!

Karena Honda Cb ini banyak jenisnnya, maka untuk lebih memahaminya,
malam ini penulis akan penyajikan info sekitar motor ini pada para
pembaca sekalian.

Selamat menyimak...!

__________________________________________________________________

Sejarah dan Legenda Unik Motor CB di Indonesia 
__________________________________________________________________













Dibawah ini ada sejarah motor CB di Indonesia yang sudah sangat
melegenda sekali pemirsa otomamia otomani motormodif semua saja,
dimana motor klasik ini sampai sekarang masih sangat banyak diminati
oleh para pecintanya. Lihat saja dibawah ini.

Motor Tua itu kini tengah naik daun. Disamping harganya yang murah
juga enak buat dimodifikasi karena bisa dicangkokan komponen mesin
generasi HONDA semisal GL 100, GL PRO, TIGER juga bisa mencaplok
komponen motor lain semisan SHOCK Depan RX-KING dll.

Dipenghujung tahun 2000 an motor ini cuma dihargai sekitar 300 Ribuan,
lalu naik menjadi 700 ribuan , 2 tahun yang lalu masih sekitar 1 jutaan
dan ditahun ini harganya melejit lagi sekita 1,8 jutaan.













Fantastik…. itu semua berkat ulah para modifikator yang menjadikan
motor CB ini sebagai BASIS MOTOR MODIFIKASI. Tapi untuk modifikasi
SPEED alias LARI atau untuk TRAIL CC yang kecil tidak mumpuni maka
harus di BORE UP dengan menggunakan SEHER TIGER.

Biaya yang dikeluarkanpun jadi membengkak. Saran untuk yang mau modif
CB lebih baik ambil basis yang 1 atau 2 Tingkat diatasnya semisal
GL 100 , atan GL PRO lebih enak dimodifnya karena mesin nya lebih
gampang dan MURAH dimodifikasi.

Ada puluhan seri dan ribuan tipe motor yang diproduksi Honda telah
menyebar ke seluruh dunia.  Dari puluhan tipe tersebut, seri CB
(CB Series) merupakan seri yang cukup banyak diproduksi dari segi
cakupan maupun kuantitasnya.

Banyak model CB masih dijual sebagai komuter dan motor jelajah.  Semua
seri CB memiliki mesin inline.  Beberapa tipe CB diproduksi untuk
kegunaan balap, contohnya CB 50 yang populer di balap motor tua dan
CB 750 yang memenangi balapan di Amerika hingga menjadi titik tonggak
penyebaran Honda ke seluruh dunia.

Tidak semua tipe CB masuk ke setiap negara.  Masing-masing negara mempunyai
“cabang perusahaan” yang akan menentukan tipe bagaimana yang sesuai dengan
kultur negara tersebut.  Di Amerika misalnya, CB 750 laris manis bak kacang
goreng dan hampir tidak mengenal CB 100, sebaliknya di Indonesia CB 100
lebih laku dijual daripada CB 750.

Honda CB pertama kali masuk ke Indonesia tahun 1971 dengan kode Honda
CB 100 K1 oleh PT Federal Motor karena perusahaan tersebut memang baru
didirikan 11 Juni 1971. Sebelum CB, tipe sepeda motor yang pertama kali
di produksi AHM adalah tipe bisnis S 90 Z bermesin  4 tak dengan
kapasitas 90cc.  Memproduksi disini sebenarnya hanya merakit, karena
pada saat itu PT Federal Motor masih mengimpor komponennya dari Jepang
dalam bentuk CKD (completely knock down).

Kebijakan pemerintah dalam hal lokalisasi komponen otomotif mendorong
PT Federal Motor memproduksi berbagai komponen sepeda motor di dalam
negeri melalui beberapa anak perusahaan, diantaranya;

PT Honda Federal (1974) memproduksi komponen-komponen dasar sepeda motor
 Honda seperti rangka, roda, knalpot dsb.

PT Showa Manufacturing Indonesia (1979) khusus memproduksi peredam kejut

PT Honda Astra Engine Manufacturing (1984) memproduksi mesin sepeda motor

PT Federal Izumi Manufacturing (1990) khusus memproduksi piston

Pada tahun 2000 PT Federal Motor dan anak-anak perusahaan di-merger menjadi
satu dengan nama PT Astra Honda Motor, dengan komposisi saham 50%
PT Astra International Tbk dan 50% Honda Motor Co. Japan.

Saat ini AHM memiliki 3 fasilitas pabrik perakitan ;

Pabrik pertama berlokasi Sunter, Jakarta Utara yang berfungsi sebagai
kantor pusat.

Pabrik kedua berlokasi di Pegangsaan Dua, Kelapa Gading.

Pabrik ketiga sekaligus pabrik paling mutakhir berlokasi di kawasan
MM 2100 Cikarang Barat, Bekasi.  Pabrik ini merupakan fasilitas pabrik
perakitan terbaru yang mulai beroperasi sejak tahun 2005.

Pada tahun 2007, AHM menempati ranking pertama penjualan sepeda motor di
Indonesia dan tingkat ASEAN dengan produksi ke-20 jutanya.  Pada tingkat
dunia, AHM menempati ranking 3 setelah pabrik sepeda motor Honda di Cina
dan India.

Ada banyak tipe CB yang dikeluarkan Honda tetapi tidak semua tipe tersedia
di tiap negara.  Di Indonesia, jenis CB yang diintroduksi adalah CB 100cc,
125 cc, 175 cc, dan 200 cc.  Tiga tipe terakhir tersedia pula dalam silinder
ganda, namun di Indonesia CB100 dan CB 125 mesin tunggal lebih populer
karena harganya yang murah, perawatannya mudah, dan fleksibel untuk
dimodifikasi.  Honda CB 100 K1 masuk Indonesia tahun 1971, sedangkan
Honda CB 100 K2 masuk Indonesia tahun 1972.  Dalam kurun waktu satu
dasa warsa (1971-1981) jumlah total penjualan Honda CB di tanah air
mencapai 600 ribu unit.

* Produksi Honda CB

Berikut ini garis besar kronologi produksi Honda CB :

1959
Honda mengeluarkan CB72 Hawk dengan kapasitas 250 cc, 4 kecepatan.

1961
Honda model sport baru CB77 Super Hawk (305 cc).

1965
Honda ingin merambah pasar baru dengan meluncurkan mesin besar CB
Twin 450 cc yang bisa mencapai 104 mph.  Honda CB450 mempunyai engine
445cc, air cooled, DOHC, 4 valves, paralel twin, transmisi 4 kecepatan
berpenggerak rantai, sasis steel twin craddle, suspensi teleskopik depan
dan belakang twin shocks.

Mampu mengeluarkan power sebesar 43HP pada 8500 RPM.   Rem depan dan
belakang menggunakan tromol.   Honda ini disebut juga Black Bomber.
Disebut black karena body-nya hitam termasuk tankinya yang dilengkapi
aksesoris krom pada kedua sisinya.

Selain itu, bahasa iklan Honda ini di Inggris adalah “Meet the big
black bomber – The biggest beefiest touring twin from Japan…!”.
Motor ini adalah motor kecepatan Jepang pertama yang mengubah opini
masyarakat saat itu.

1968
Honda menghentikan produksi pengembangan CB72 dan CB77 untuk memulai
produksi motor sport CB350 dan CB250 (mampu mencapai 106 mph).

1969
Di awal tahun di Tokyo Motor Show, Honda mengeluarkan sebuah motor
bersejarah CB 750 Four setelah berbulan-bulan beredar rumor tentang
motor tersebut.  Motor tersebut mendapatkan emas pada tahun ini.


1970

Pada bulan Maret 1970, Dick “Bugsy” Mann seorang pilot Amerika terkenal
menggunakan CB 750 berhasil memenangi kejuaraan Daytona International
Speedway di Amerika Serikat pada kelas 200 mil.

Pada saat itu, di Amerika ada pepatah bahwa barang siapa produsen motor
memenangkan kejuaraan tersebut pada hari Minggu, maka pada hari Senin
sudah bisa menjual produk tersebut.  Kemenangan tersebut merupakan titik
balik kemajuan perusahaan Honda.  Ratusan ribu CB 750 kemudian berhasil
dilempar di pasaran Amerika dan dunia.


1971
Honda mengeluarkan CB 500 Four.


1972
Honda memperkenalkan CB 350 Four.


1973
Honda yang sebenarnya kurang suka dengan kebisingan yang dihasilkan oleh
motor 2 tak, terpaksa mengeluarkan CR250 untuk bisa berkompetisi dan
terbukti Gary Jones memenangkan AMA Motocross Championship di tahun
pertama.  Soichiro Honda pensiun tapi masih menjadi anggota dewan direksi.

1974
Honda memproduksi CB 50 dengan mesin horisontal 5 percepatan.


1975
Honda menyajikan motor jalanan CB 400 Four dengan knalpot yang ramah
polusi suara yaitu 4 knalpot menjadi satu di sisi kanan motor.

1976
Honda CB 750 A berinovasi lagi dengan sepeda motor pertama
bertransmisi otomatis.

1979
Meluncurkan Honda CBX luar biasa, sebuah motor sport super model 6
silinder bermesin 1047 cc.

Kendati saat ini banyak motor baru bermunculan dengan menawarkan
berjuta model dan teknologi terkini, namun sosok motor yang satu ini
masih menjadi primadona banyak kalangan pecinta motor di Indonesia.

____________

Penutup
____________

Demikian infonya para kawan sekalian...!

Anda juga dapat memperdalam :

http://angkolafacebook.blogspot.co.id/2016/03/becak-siantar-bsa-dunia-indonesia.html
http://angkolafacebook.blogspot.co.id/2016/02/becak-sipirok-dalam-peran-percepatan.html
http://angkolafacebook.blogspot.co.id/2016/03/becak-medan-pengertian-sejarah-mesin.html
http://angkolafacebook.blogspot.co.id/2016/03/vespa-pengertian-sejarah-merk-model-dan.html
http://angkolafacebook.blogspot.co.id/2016/04/vespa-emporio-armani-946-dan-becak.html



Selamat malam...!
____________________________________________________________________
Cat :
joki cewek honda cb
https://www.youtube.com/watch?v=jgdFZXkl1Nc
Honda CB 100 Indonesia - Galeri CB Gelatik Part 1
https://www.youtube.com/watch?v=qVW_5_ozISo
Juara 1 Surabaya Contest CB
https://www.youtube.com/watch?v=IPWuN8FHH8o

Tidak ada komentar:

Posting Komentar