Kamis, 28 Juli 2016

Velg Mobil : Pengertian, Karakteristik, Produksi dan Proses pembuatan


#SELAMAT MALAM PARA KAWAN#
(Menyimak info sekitar Velg Mobil)
_____________________________________________________________












________________

Kata Pengantar
________________

Lewat link :
http://gambardohothata.blogspot.co.id/2016/07/ban-adalah-ban-pengertian-sejarah-jenis.html
penulis mengurai mengenai "Ban" yang dengan sendirinya
merupakan bagian dari Velg. Ban yang bagus jika tidak
didukung oleh Velg, tentu berpengaruh pada kenderaan.
Begitu-pun sebaliknya.

Nah...!

Berikut info sekitar Velg Mobil para kawan sekalian.

...dan...

Selamat malam...!

___________________________________

Sekilas info tentang Velg Mobil
___________________________________













* Pengertian

Velg atau rim adalah lingkaran luar desain logam yang tepi
bagian dalam dari ban sudah terpasang pada kendaraan seperti
mobil.

Sebagai contoh, pada roda sepeda di tepi lingkaran yang besar
menempel pada ujung luar dari jari-jari roda yang memegang
ban dan tabung.

* Karakteristik



Diameter (efektif): jarak antara bekel (untuk ban), yang
diukur pada bidang rim dan melalui sumbu pusat yang sedang
atau akan dipasang, atau yang merupakan bagian integral
dengan tepi.

Lebar (efektif): pemisahan jarak antara tepi flensa.

Tipe: Tergantung pada jenis kendaraan dan ban. Ada berbagai
rim (velg), serta jumlah komponen rim.

Kendaraan penumpang modern dan ban tubeless biasanya menggunakan
one-piece rims dengan "keamanan" pada rim. Fitur keamanan
membantu menjaga berpegang pada tepi bawah kondisi buruk
dengan memiliki sepasang rasas memperluas keselamatan dari
pinggiran menuju kursi ban lain dari luar permukaan berkontur
pinggirannya.









Kendaraan berat dan beberapa truk mungkin memiliki multi-piece
dilepas dan tepi terdiri dari basis yang mount ke roda. Komponen-
komponen ini dilepas dari satu sisi untuk pemasangan ban,
sementara sisi berlawanan yang melekat pada basis tetap mengarah.

Performa kendaraan: Karena rim adalah tempat ban berada di
kemudi dan pinggiran ban mendukung bentuk, dimensi dari
pinggiran adalah faktor dalam penanganan karakteristik
dari sebuah mobil.

Rim yang terlalu luas dalam kaitannya dengan lebar ban untuk
mobil tertentu dapat menghasilkan lebih banyak getaran dan
kurang nyaman karena dinding samping ban tidak cukup
kelengkungan yang fleksibel mengemudi dengan benar di atas
permukaan kasar. Rim besar akan menyebabkan ban untuk
mengesek ketika berputar.

* Produksi









Standar stel roda baja dibuat dari pelat logam persegi
panjang. Pelat logam dilengkungkan untuk menghasilkan
silinder dua lengan dengan tepi bebas lengan dilas bersama-
sama. Setidaknya satu silinder berputar siklus operasi
dilakukan untuk mendapatkan ketebalan tertentu.

Untuk mendukung struktur tepi silinder, disc dibuat dari
pelat logam. Median permukaan luar dari roda disk memiliki
silinder geometri untuk pas di rim. Pinggirnya dan roda
disk dirakit dengan memasang bersama di bawah kursi luar
rim dan dilas bersama-sama.

* Arti nama








Dekoratif roda sering salah dirujuk sebagai "rims".
Penggunaan istilah "pinggiran" adalah tidak benar karena
hanya mengacu pada bagian terluar roda (di saat ban sudah
terpasang), seperti pinggiran cangkir kopi atau kawah meteor
tidak mengacu ke seluruh objek.

___________

Penutup
___________








Demikian infonya para kawan...!

...dan...

Selamat malam....!









______________________________________________________________
Cat :
Proses pembuatan velg mobil - YouTube
Nih, Cara Memilih Velg yang Benar - YouTube
https://www.youtube.com/watch?v=ZT3uHWGuI0M
Engineering technology from Japan- CNC Machine - Wheel Machines - YouTube
https://www.youtube.com/watch?v=hZSeYAAzki4


Tidak ada komentar:

Posting Komentar