Minggu, 24 Desember 2017

Karburator dan Seluk Beluknya



#SELAMAT MALAM PARA KAWAN#
(Menyimak info sekitar Karburator dan Seluk Beluknya)
________________________________________________________











__________________

Kata Pengantar
__________________

Para kawan sekalian...!

Berikut info sekitar Karburator dan Seluk Beluknya

Selamat menyimak...!
______________________________________________

Sekilas info Karburator 
______________________________________________













* Pengertian

Karburator adalah sebuah alat yang mencampur udara
dan bahan bakar untuk sebuah mesin pembakaran dalam.

Karburator masih digunakan dalam mesin kecil dan
dalam mobil tua atau khusus seperti yang dirancang
untuk balap mobil stok.

Kebanyakan mobil yang diproduksi pada awal 1980-an
telah menggunakan injeksi bahan bakar elektronik
terkomputerisasi. Mayoritas sepeda motor masih
menggunakan karburator dikarenakan lebih ringan
dan murah, namun pada 2005 sudah banyak model baru
diperkenalkan dengan injeksi bahan bakar.


* Sejarah dan Pengembangan

Karburator pertama kali ditemukan oleh Karl Benz pada
tahun 1885 dan dipatenkan pada tahun 1886. Pada tahun
1893 insinyur kebangsaan Hungaria bernama János Csonka
dan Donát Bánki juga mendesain alat yang serupa.

Adalah Frederick William Lanchester dari Birmingham,
Inggris yang pertama kali bereksperimen menggunakan
karburator pada mobil. Pada tahun 1896 Frederick dan
saudaranya membangun mobil pertama yang menggunakan
bahan bakar bensin di Inggris, bersilinder tunggal
bertenaga 5 hp (4 kW), dan merupakan mesin pembakaran
dalam (internal combution).

Tidak puas dengan hasil akhir yang didapat, terutama
karena kecilnya tenaga yang dihasilkan, mereka membangun
ulang mesin tersebut, kali ini mereka menggunakan dua
silinder horisontal dan juga mendisain ulang karburator
mereka.

Kali ini mobil mereka mampu menyelesaikan tur sepanjang
1.000 mil (1600 km) pada tahun 1900. Hal ini merupakan
langkah maju penggunaan karburator dalam bidang otomotif

Karburator umum digunakan untuk mobil berhahan bakar
bensin sampai akhir 1980-an. Setelah banyak kontrol
elektronik digunakan pada mobil, penggunaan karburator
mulai digantikan oleh sistem injeksi bahan bakar karena
lebih mudah terintegrasi dengan sistem yang lain untuk
mencapai efisiensi bahan bakar. ?? sebagai alat pendengar


* Operasional








Pada setiap saat beroperasinya, karburator harus mampu:

Mengatur besarnya aliran udara yang masuk kedalam ruang bakar

Menyalurkan bahan bakar dengan jumlah yang tepat sesuai
dengan aliran udara yang masuk kedalam ruang bakar sehingga
rasio bahan bakar/udara tetap terjaga.

Mencampur airan udara dan bahan bakar dengan rata dan sempurna
Hal di atas akan mudah dilakukan jika saja bensin dan udara
adalah fluida ideal; tetapi kenyataannya dengan sifat alami
mereka, yaitu adanya viskositas, gaya gesek fluida, inersia
fluida, dan sebagainya karburator menjadi sangat kompleks dalam
mengatasi keadaan tidak ideal ini.

Juga karburator harus tetap mampu memproduksi campuran bensin/
udara yang tepat dalam kondisi apapun, karena karburator harus
beroperasi dalam temperatur, tekanan udara, putaran mesin,
dan gaya sentrifugal yang sangat beragam. Karburator harus
mampu beroperasi dalam keadaan:

Start mesin dalam keadaan dingin
Start dalam keadaan panas
Langsam atau berjalan pada putaran rendah
Akselarasi ketika tiba-tiba membuka gas
Kecepatan tinggi dengan gas terbuka penuh
Kecepatan stabil dengan gas sebagian terbuka dalam
jangka waktu yang lama
Karburator modern juga harus mampu menekan jumlah emisi kendaraan

* Dasar

Skema potongan melintang sebuah karburator tipe aliran
turun venturi tetap single barel
Karburator pada dasarnya merupakan pipa terbuka dikedua ujungnya,
dalam pipa ini udara bergerak menuju intake manifold menuju
kedalam mesin/ruang bakar.

Pipa ini berbentuk venturi, yaitu dari satu ujung permukaannya
lebar lalu menyempit dibagian tengah kemudian melebar lagi di
ujung satunya. Bentuk ini menyebabkan kecepatan aliran udara
meningkat ketika melewati bagian yang sempit.

Pada tipe venturi tetap, diujung karburator dilengkapi dengan
katup udara berbentuk kupu-kupu yang disebut sebagai throttle
valve (katup gas), yaitu semacam cakram yang dapat berputar
untuk menutup dan membuka pergerakan aliran udara sehingga
dapat mengatur banyaknya campuran udara/bahan bakar yang masuk
dalam ruang bakar.

Banyaknya campuran udara/bahan bakar inilah yang menentukan
besar tenaga dan/atau kecepatan gerak mesin. Pedal gas, atau
pada sepeda motor, grip gas dihubungkan langsung dengan katup
ini melalui kabel.

Namun pada tipe venturi bergerak, keberadaan katup ini tidak
ditemukan karena yang mengatur besarnya aliran udara/bahan
bakar adalah ukuran venturi itu sendiri yang dapat berubah-ubah.
Pedal atau grip gas dihubungkan dengan piston yang mengatur
celah sempit dalam venturi

Bahan bakar disemburkan kepada aliran udara melalui saluran-saluran
kecil yang terdapat dalam ruang sempit dalam venturi. Tekanan
rendah dari udara yang bergerak dalam venturi menarik bahan
bakar dari mangkuk karburator sehingga bahan bakar ini
tersembur dan ikut aliran udara. Saluran-saluran ini disebut jet.

* Buka gas dari langsam









Fungsi utama jarum skep (needle jet) dalam karburator adalah
untuk mengatur jumlah masuknya bahan bakar menuju ruang bakar.

Semakin tinggi posisinya, maka akan makin boros konsumsi
bahan bakar. Apabila jarum skep ini rusak atau kotor akan
mengakibatkan motor sulit dihidupkan, digas mati, masuk gigi
satu mati, setelah motor berjalan mati, mbrebet.








Mungkin ada kotoran pasir, debu, lumpur atau tanah yang
menempel pada jarum maupun silinder skep. Ketika servis
karburator, jarum dan skep harus dibersihkan juga.

Spuyer karburator supra 125, spuyer gas dan spuyer udara.
Semakin diputar keluar spuyernya semakin kecil aliran gas
dan udara.

Ketika handle gas dibuka sedikit dari posisi tertutup penuh,
ada bagian venturi yang memiliki tekanan lebih rendah akibat
tertutup katup yang sedang berputar. Pada bagian ini karburator
menyediakan jet yang lebih banyak dari bagian lainnya untuk
meratakan distribusi bahan bakar dalam aliran udara.

____________

Penutup
____________

Demikian infonya para kawan sekalian.

Semoga dapat memperluas wawasan kita dibidang transportasi.
Khususnya transportasi mobil.

...dan...

Selamat malam...!









__________________________________________________________
Cat :
Wikipedia
Pemeriksaan dan Penyetelan Karburator_youtube
Cara Mudah Setting Angin Karburator Pada Motor - Cara Setel Angin Karburator Motor_youtube

Tidak ada komentar:

Posting Komentar