Kamis, 22 Maret 2018

Balap Mobil Formula Satu (FIA Formula One World Championship)


#SELAMAT MALAM PARA KAWAN#
(Menyimak info sekitar Balap Mobil Formula Satu/FIA
Formula One World Championship)
_____________________________________________________












__________________

Kata Pengantar
__________________

Para kawan sekalian...!

Berikut info sekitar Balap Mobil Formula Satu
(FIA Formula One World Championship)

...dan...

Selamat menyimak...!
_________________________________________________________

Sekilas info Balap Mobil Formula Satu (FIA Formula 
One World Championship)
_________________________________________________________












* Pemahaman Awal

Formula Satu, disingkat F1 (atau bernama lengkap FIA
Formula One World Championship, adalah kelas balapan
mobil formula tempat duduk tunggal yang tertinggi.

Terdiri dari sejumlah seri balapan yang dikenal dengan
istilah Grand Prix. Balapan diselenggarakan di dalam
sirkuit atau jalan umum dalam kota yang ditutup untuk
umum.

Hasilnya menentukan dua gelar juara dunia, satu untuk
pembalap dan satu lagi untuk konstruktor. Pada balapan,
mobil balap dapat mencapai kecepatan 300 km/h (185 mph)
yang dihasilkan oleh mesin yang dapat mencapai tenaga
sebesar 850 daya kuda pada putaran mesin sekitar
18.000 rpm (per 2005).

Eropa adalah pusat tradisi Formula Satu dan tetap menjadi
pusatnya hingga sekarang. Sekarang ini Grand Prix telah
diadakan di seluruh penjuru dunia, dengan seri balapan
baru di Bahrain, Tiongkok, Malaysia dan Turki. Formula
Satu adalah balap mobil termahal baik dalam segi
produksi maupun olahraganya.

Aturan mainnya diatur oleh Fédération Internationale
de l'Automobile (FIA), yang bermarkas di Place de la
Concorde, Paris. Presidennya yang sekarang adalah Jean
Todt, dan secara umum disponsori dan diatur oleh p
emegang hak komersial resmi Bernie Ecclestone melalui
berbagai perusahaan.


* Sejarah










Seri Formula Satu berakar pada seri grand prix motor Eropa
pada sekitar 1920-an dan 1930-an. Sejumlah organisasi balap
grand prix membuat sejumlah aturan untuk kejuaraan dunia
sebelum Perang Dunia II. Dengan alasan penundaan karena perang,

kejuaraan dunia pembalap tidak diformalkan sampai 1947 dan
berlangsung untuk pertama kalinya pada 1950. Kejuaraan dunia
konstruktor kemudian menyusul pada 1958.
 Balapan Formula Satu tanpa gelar diselenggarakan bertahun-tahun,
tetapi dikarenakan membengkaknya biaya kompetisi mengakibatkan
kompetisi ini berakhir pada awal 1980-an.

Nama olahraga ini, Formula Satu, mengindikasikan bahwa ini
merupakan olahraga yang paling maju dan kompetitif di antara
balapan mobil formula lain.


* Awal kompetisi










Gelar juara dunia Formula Satu pertama kali dimenangkan oleh
pembalap Italia Giuseppe Farina dengan mobilnya Alfa Romeo
tahun 1950, dengan mengalahkan rekan setimnya, pembalap
Argentina Juan Manuel Fangio.

Akan tetapi, Fangio memenangkan gelar juara dunia pada tahun
1951 dan empat kali pada enam tahun berikutnya. Fangio kemudian
menjadi legenda yang mendominasi tahun-tahun pertama kompetisi
Formula Satu.

Juara dunia dari Britania Raya yang pertama adalah Mike Hawthorn,
yang mengendarai Ferrari memenangkan gelar juara pada 1958.
Kemudian Colin Chapman memasuki kompetisi F1 sebagai perancang
mobil dan kemudian menjadi pendiri Lotus, British racing green
datang untuk mendominasi kompetisi pada beberapa dekade berikutnya.

Jim Clark, Jackie Stewart, Jack Brabham, Graham Hill, dan Denny
Hulme adalah sederetan nama pembalap dari tim Inggris dan
negara-negara persemakmuran yang memenangkan dua belas
gelar juara dunia antara tahun 1962 hingga 1973.









Tahun 1962, Lotus memperkenalkan mobil dengan rangka aluminium
yang dikenal dengan istilah monocoque yang menggantikan rangka
tubular tradisional. Penemuan ini kemudian menjadi langkah
kemajuan teknologi besar sejak penemuan mobil mid-engines.

Tahun 1968 adalah tahun pertama kalinya olahraga ini memakai
sponsor yaitu dimulai dengan Lotus yang mengecat "Imperial
Tobacco" di mobilnya.

Aerodinamika gaya tekan ke bawah (downforce) secara perlahan
memainkan peranan penting dalam perancangan mobil, dimulai
dengan munculnya aerofoil tahun 1960-an.

Akhir tahun 1970, Lotus memperkenalkan aerodinamika efek tanah
(ground effect) yang menghasilkan gaya tekan yang bagus sehingga
meningkatkan kecepatan di tikungan (konsep ini pernah diujicoba
sebelumnya oleh Jim Hall dengan tim IndyCar-nya pada tahun 1960-an.

Federation Internationale du Sport Automobile kemudian
didirikan pada 1979.

Kepopuleran

Tahun 1981 dikenal sebagai awal dari adanya Concorde Agreement,
sebuah kontrak yang mengikat tim-tim untuk berkompetisi sampai
masa berakhirnya kontrak. Kontrak itu juga berisi tentang pembagian
sama rata atas keuntungan yang didapat dari hasil penjualan hak
televisi. Merupakan tanda berakhirnya Perang FISA-FOCA. Concorde
Agreement yang kedua ditandatangani pada 1992 dan yang ketiga
pada 1997 di mana akan berakhir pada akhir 2007.

Tim F1 Renault memperkenalkan mesin turbocharged pada tahun 1977
yang dapat menghasilkan lebih dari 700 bhp. Pada tahun-tahun
berikutnya, khususnya 1987, mobil-mobil Formula Satu dapat
menghasilkan lebih dari 1.000 bhp. FIA kemudian memberlakukan
aturan kapasitas tanki bahan bakar pada 1984 dan kemudian
melarang mesin turbocharged tahun 1989 untuk membatasi
kecepatan mobil yang semakin meningkat.

Awal 1990 ditandai dengan diperkenalkannya alat bantu elektronik
seperti power steering, traction control dan gearbox semi otomatis.
FIA, dikarenakan banyaknya komplain mengenai hasil balapan yang
lebih ditentukan oleh teknologi dibandingkan keahlian pembalap,
melarang beberapa alat bantu tersebut pada 1994.









Walaupun demikian banyak pengamat berpendapat bahwa larangan
atas alat bantu pembalap tersebut tidak berarti sama sekali
karena FIA tidak mempunyai teknologi atau metode untuk
menghilangkan fitur-fitur tersebut dari kompetisi.

Tim McLaren dan Williams mendominasi balapan 1980-an dan
1990-an. Honda dan McLaren mendominasi banyak pada 1980-an,
sementara tim Williams yang diperkuat mesin Renault memenangi
beberapa gelar juara dunia pertengahan 1990-an. McLaren kemudian
kembali pada akhir 1990-an. Pertarungan antara legenda Senna dan
Prost menjadi pusat perhatian pada musim 1988 dan berlanjut
sampai akhir 1993 di mana Prost menyatakan untuk pensiun.

Ayrton Senna secara tragis tewas pada tabrakan di Grand Prix F1
San Marino 1994. Sejak itu banyak langkah diambil FIA untuk
meningkatkan standar keamanan. Tidak ada pembalap yang tewas
di balapan sejak saat itu.

Pembalap dari McLaren, Williams, Renault (dulunya bernama
Benetton) dan Ferarri merupakan empat tim teratas yang memenangi
gelar juara dunia dari 1984 sampai saat ini. Karena kemajuan
teknologi sejak 1990-an, biaya kompetisi Formula Satu juga
meningkat.

Kedua hal ini mengakibatkan tim-tim lainnya mengalami kesulitan
tidak hanya untuk bertahan dalam kompetisi namun untuk bertahan
dalam bisnis. Masalah keuangan mengakibatkan beberapa tim untuk
mundur. Sejak 1990, 28 tim telah mundur dari kompetisi
Formula Satu. Salah satunya yang terjadi akhir-akhir ini
adalah mundurnya tim Jordan.
____________

Penutup
____________

Demikian infonya para kawan sekalian...!

...dan...

Selamat malam...!
_______________________________________________________
Cat :
Wikipedia
F1  Top 10 Overtakes of 2017-youtube




Tidak ada komentar:

Posting Komentar