Minggu, 25 Maret 2018

Balap ; World Rally Championship ( WRC ) dan sejarahnya


#SELAMAT MALAM PARA KAWAN#
(Menyimak info sekitar  Balap ; World Rally
Championship ( WRC ) dan sejarahnya)
_____________________________________________________













__________________

Kata Pengantar
__________________

Para kawan sekalian...!

Berikut info sekitar  Balap ; World Rally Championship
( WRC ) dan sejarahnya

...dan...

Selamat menyimak...!
_________________________________________________________

Sekilas info  Balap ; World Rally Championship 
( WRC ) dan sejarahnya
________________________________________________________














* Pengertian 

World Rally Championship ( WRC ) adalah seri reli yang diselenggarakan
oleh FIA , yang berpuncak dengan seorang pengemudi dan pabrikan juara.

Kejuaraan dunia pengemudi dan kejuaraan dunia pabrikan adalah kejuaraan
terpisah, tetapi berdasarkan sistem poin yang sama. Serial ini saat
ini terdiri dari 13 event tiga hari yang digerakkan pada permukaan
mulai dari kerikil dan aspal hingga salju dan es. Setiap reli dibagi
menjadi 15–25 tahap khusus yang dijalankan melawan jam di
jalan yang tertutup.

WRC dibentuk dari pawai internasional yang terkenal dan populer, yang
sebagian besar sebelumnya merupakan bagian dari Kejuaraan Reli Eropa
atau Kejuaraan Internasional untuk Pabrikan , dan seri ini pertama
kali diperebutkan pada tahun 1973 . Mobil Reli Dunia adalah
spesifikasi mobil saat ini dalam seri ini. Ini berevolusi dari
mobil Grup A yang menggantikan supercar Grup B yang dilarang.









World Rally Cars dibangun pada produksi mobil empat silinder empat
silinder, tetapi fitur turbocharger , sistem anti-lag ,
four-wheel-drive , gearbox sekuensial , suku cadang aerodinamis
dan perangkat tambahan lainnya yang membawa harga mobil WRC menjadi
sekitar US $ 1 juta (€ 700.000 / £ 500.000).










WRC menampilkan tiga kejuaraan dukungan, Kejuaraan Reli Dunia Junior
(JWRC, sebelumnya Akademi WRC), Kejuaraan Reli Dunia 2 (WRC 2,
sebelumnya Kejuaran Reli Dunia Super 2000 ), dan Kejuaraan Reli
Dunia 3 (WRC 3, sebelumnya Production World Rally Championship )
yang diperebutkan pada acara dan tahapan yang sama dengan WRC,
namun dengan peraturan yang berbeda. Mobil produksi, super 2000
dan pendatang junior mengikuti tahapan setelah pembalap WRC.


* Sejarah 










Kejuaraan Reli Dunia dibentuk dari pawai internasional yang terkenal,
sembilan di antaranya merupakan bagian dari Kejuaraan Internasional
untuk Produsen (IMC), yang diperebutkan dari tahun 1970 hingga 1972.
Kejuaraan Reli Dunia 1973 adalah musim perdana WRC dan dimulai dengan
Reli Monte Carlo pada 19 Januari.











Alpine-Renault memenangkan kejuaraan dunia pabrikan pertama dengan
Alpine A110-nya , setelah itu Lancia merebut gelar tiga tahun
berturut-turut dengan Ferrari V6 -powered Lancia Stratos HF , mobil
pertama yang dirancang dan diproduksi khusus untuk reli.

Kejuaraan dunia pembalap pertama tidak diberikan hingga tahun 1979 ,
meskipun musim 1977 dan 1978 termasuk FIA Cup untuk Pengemudi ,
dimenangkan oleh Sandro Munari Italia dan Markku Alén dari
Finlandia masing-masing.











Björn Waldegård dari Swedia menjadi juara dunia resmi pertama,
mengalahkan Hannu Mikkola dari Finlandia dengan satu poin.
Fiat mengambil gelar pabrikan 'dengan Fiat 131 Abarth pada
tahun 1977, 1978 dan 1980 , Ford dengan Escort RS1800 pada
tahun 1979 dan Talbot dengan Sunbeam Lotus pada tahun 1981 .
Waldegård diikuti oleh Jerman Walter Röhrl dan Finn Ari
Vatanen sebagai juara dunia pembalap.
____________

Penutup
____________

Demikian infonya para kawan sekalian...!

...dan...

Selamat malam...!\









_______________________________________________________
Cat :
wikipedia
WRC TRIBUTE 2017  Maximum Attack, On the Limit, Crashes & Best Moments_youtube

Tidak ada komentar:

Posting Komentar