Senin, 26 Maret 2018

Jembatan dalam sejarahnya


#SELAMAT MALAM PARA KAWAN#
(Menyimak info sekitar Jembatan dan sejarahnya)
_____________________________________________________










__________________

Kata Pengantar
__________________

Para kawan sekalian...!

Berikut info sekitar Jembatan dan sejarahnya
...dan...

Selamat menyimak...!
_________________________________________________________

Sekilas info Jembatan dan sejarahnya
_________________________________________________________










* Pemahaman Awal

Jembatan merupakan struktur yang dibuat untuk menyeberangi
jurang atau rintangan seperti sungai, rel kereta api
ataupun jalan raya. Jembatan dibangun untuk penyeberangan
pejalan kaki, kendaraan atau kereta api di atas halangan.
Jembatan juga merupakan bagian dari infrastruktur
transportasi darat yang sangat vital dalam aliran
perjalanan (traffic flows).

Jembatan sering menjadi komponen kritis dari suatu ruas
jalan, karena sebagai penentu beban maksimum kendaraan
yang melewati ruas jalan tersebut.


* Sejarah









Jembatan pertama yang dibuat dengan titian kayu untuk
menyeberangi sungai. Ada juga orang yang menggunakan
dua utas tali atau rotan, yang diikat pada bebatuan di
tepi sungai.

Seterusnya, batu digunakan, tetapi cuma sebagai rangka.
Jembatan gerbang berbentuk melengkung yang pertama dibuat
semasa zaman Emperor Roma, dan masih banyak jembatan dan
saluran air orang Roma yang kenal hingga hari ini.

Orang-orang Roma juga mempunyai pengetahuan, yang
 mengurangkan perbedaan kekuatan batu2 yang berbeda.
Jembatan bata dan mortar dibuat pada zaman kaisar Romawi,
karena sesudah zaman tersebut, teknologi pengetahuan
telah hilang. Pada Zaman Pertengahan, tiang-tiang
jembatan batu biasanya lebih besar sehingga
menyebabkan kesulitan kepada kapal-kapal yang
Lalu-lalang di sungai tersebut.

Pada abad ke-18, mulai banyak pembaruan dalam pembuatan
jembatan kayu oleh Hans Ulrich, Johannes Grubenmann dan
lain-lain. Dengan kedatangan Revolusi Industri pada
abad ke-19, sistem rangka (truss system) menggunakan
besi untuk memajukan untuk pembuatan jembatan yang lebih
besar, tetapi besi tidak mempunyai kekuatan ketegangan
(tensile strength) yang cukup untuk beban yang besar.








Apabila mempunyai kekuatan ketegangan yang tinggi,
jembatan yang lebih besar akan dibuat, kebanyakannya
menggunakan idea Gustave Eiffel, yang pertama kali
dipertunjukkan di Menara Eiffel di Paris, Perancis.

Yang sesuai digunakan untuk pembuatan jembatan yang
panjang karena ia mempunyai kekuatan-kepada-berat yang
tinggi, tetapi konkrit pula mempunyai kos penjagaan
yang lebih murah. Jadi, selalunya "konkrit diperkuat"
(reinforced concrete) digunakan - kekuatan ketegangan
konkrit yang lemah diisi oleh kabel tembaga yang
ditanam di dalam konkrit itu.
____________

Penutup
____________

Demikian infonya para kawan sekalian...!

...dan...

Selamat malam...!
_______________________________________________________
Cat :
Wikipedia
Menakjubkan! 10 JEMBATAN TERPANJANG DI DUNIA, BERANI COBA?_1youtube
PopAds.net - The Best Popunder Adnetwork PopCash.net PopCash.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar