Sabtu, 10 Maret 2018

SPBU Pertamina AtaU Pom Bensin atau Stasiun Bensin




#SELAMAT MALAM PARA KAWAN#
(Menyimak info sekitar SPBU Pertamina AtaU Pom Bensin
atau Stasiun Bensin)
_____________________________________________________


__________________

Kata Pengantar
__________________

Para kawan sekalian...!

Berikut info sekitar SPBU Pertamina AtaU Pom Bensin
atau Stasiun Bensin

...dan...

Selamat menyimak...!
_________________________________________________________

Sekilas info tentang SPBU Pertamina AtaU Pom Bensin 
atau Stasiun Bensin
_________________________________________________________









* Pengerian

Stasiun pengisian bahan bakar adalah tempat di mana
kendaraan bermotor bisa memperoleh bahan bakar. Di
Indonesia, Stasiun Pengisian Bahan Bakar dikenal
dengan nama SPBU (singkatan dari Stasiun Pengisian
Bahan Bakar Umum).

Namun, masyarakat juga memiliki sebutan lagi bagi SPBU.
Misalnya di kebanyakan daerah, SPBU disebut Pom Bensin
yang adalah singkatan dari Pompa Bensin. Di beberapa
daerah di Maluku, SPBU disebut Stasiun bensin.

Stasiun Pengisian Bahan Bakar, pada umunya menyediakan
beberapa jenis bahan bakar. Misalnya:

* Bensin dan beragam varian produk Bensin











Solar
E85
LPG dalam berbagai ukuran tabung
Minyak Tanah

Banyak Stasiun Pengisian Bahan Bakar yang juga
menyediakan layanan tambahan. Misalnya, musholla,
pompa angin, toilet dan lain sebaginya.

Stasiun Pengisian Bahan Bakar modern, bisanya dilengkapi
pula dengan minimarket dan ATM. Tak heran apabila Stasiun
Bahan Bakar juga menjadi meeting point atau tempat istirahat.

Bahkan, ada beberapa Stasiun Pengisian Bahan Bakar, terutama
di jalan tol atau jalan antar kota, memiliki kedai kopi
seperti Starbucks, atau restoran fast food dalam berbagai merek.

Di beberapa negara, termasuk Indonesia, Stasiun Pengisian
Bahan Bakar dijaga oleh petugas-petugas yang mengisikan
bahan bakar kepada pelanggan.

Pelanggan kemudian membayarkan biaya pengisian kepada petugas.
Di negara-negara lainnya, misalnya di Amerika Serikat atau
Eropa, pompa-pompa bensin tidak dijaga oleh petugas;
pelanggan mengisi bahan bakar sendiri dan kemudian
membayarnya kepada petugas di sebuah loket/counter.

* Di Indonesia

Hingga pertengahan Oktober 2005, perusahaan pemerintah,
Pertamina, merupakan satu-satunya perusahaan yang mendirikan
SPBU di Indonesia. Pada Oktober 2005, Shell menjadi
perusahaan swasta pertama yang membuka SPBU-nya di Indonesia,
yang terletak di Lippo Karawaci, Tangerang.

Shell menjual bahan bakar beroktan tinggi yang diimpor
dari Singapura dan memasang harga yang kompetitif
dengan harga milik Pertamina.

Mungkin untuk menghadapi kemungkinan datangnya pesaing,
Pertamina akhir-akhir ini telah meremajakan stasiun-stasiunnya,
misalnya dengan perubahan pada penampilan dan penambahan
fasilitas. Selain itu, mereka kini lebih banyak membuka
stasiun-stasiun milik mereka sendiri (bukan dengan sistem
waralaba). Stasiun-stasiun tersebut umumnya lebih besar
daripada stasiun-stasiun waralaba.

* Perusahaan-perusahaan yang mengoperasikan stasiun 
  pengisian bahan bakar










Beberapa perusahaan yang mengoperasikan stasiun
pengisian bahan bakar di dunia:

Shell
BP

Sedangkan di Indonesia, SPBU dioperasikan oleh beberapa
perusahaan, di antaranya: Beberapa perusahaan yang
mengoperasikan stasiun pengisian bahan bakar di dunia:

Pertamina
Shell
Petronas
Total
AKR
Ocean Petro Energy
Untuk bangunan SPBU, Pertamina membuat standar anatomi bangunan:

Desain bangunan harus disesuaikan dengan karakter lingkungan
sekitar (contoh: letak pintu masuk, pintu keluar, dan lain-lain);
Elemen bangunan yang adaptif terhadap iklim dan lingkungan (sirip
penangkal sinar matahari, jendela yang menjorok ke dalam, dan
penggunaan material dan tekstur yang tepat);

Desain bangunan SPBU harus sesuai dengan bangunan di
lingkungan sekitar yang dominan;

Arsitektur bangunan sarana pendukung harus terintegrasi
dengan bangunan utama;

Seluruh fasade bangunan harus mengekspresikan detail dan
karakter arsitektur yang konsisten;
Variasi bentuk dan garis atap yang menarik;
Bangunan harus adaptif terhadap panas matahari dan pantulan
sinar matahari dengan merancang sirip penangkal sinar
matahari dan jalur pejalan kaki/ trotoar yang tertutup dengan atap;

Bangunan dibagi-bagi menjadi komponen yang berskala lebih
kecil untuk menghindari bentuk massa yang terlalu besar;
Panduan untuk kanopi adalah sebagai berikut:

Integrasi antara kanopi tempat pompa bensin dan bangunan diperbolehkan;
Ketinggian ambang kanopi dihitung dari titik terendah kanopi tidak
lebih dari 13’9’’. Ketinggian keseluruhan kanopi tidak lebih dari 17’;
Ceiling kanopi tidak harus menggunakan bahan yang bertekstur atau
flat, tidak diperbolehkan menggunakan material yang mengkilat
atau bisa memantulkan cahaya;

Tak boleh menggunakan lampu tabung pada warna logo perusahaan.
Panduan untuk pump island:

Pump island ini terdiri dari fuel dispenser, refuse
container, alat pembayaran otomatis,bollard pengaman, dan
peralatan lainnya;

Desain pump island harus terintergrasi dengan struktur
lainnya dalam lokasi, yaitu dengan menggunakan warna,
material dan detail arsitektur yang harmonis
Minimalisasi warna dari komponen-komponen pump island,
termasuk dispenser, bollard dan lain-lain.
Sirkulasi/jalur masuk dan keluar:

Jalan keluar masuk mudah untuk berbelok ke tempat pompa
dan ke tempat antrian dekat pompa, mudah pula untuk
berbelok pada saat keluar dari tempat pompa tanpa terhalang
apa-apa dan jarak pandang yang baik bagi pengemudi
pada saat kembali memasuki jalan raya;
Pintu masuk dan keluar dari SPBU tak boleh saling bersilangan;
Jumlah lajur masuk minimum dua lajur;
Lajur keluar minimum tiga lajur atau sama dengan lajur pengisian BBM;
Lebar pintu masuk dan keluar minimal 6 m.
____________

Penutup
____________

Demikian infonya para kawan sekalian...!

...dan...

Selamat malam...!
_______________________________________________________
Cat :
Wikipedia
Peran Awak Mobil Tangki Pertamina - Segmen8_youtube


Tidak ada komentar:

Posting Komentar