Minggu, 24 September 2023

Seni Trik Asia Selatan Khususnya Pakistan

Seni Trik Asia Selatan Khususnya Pakistan



*Pemahaman Awal


Seni truk di Asia Selatan adalah bentuk dekorasi daerah yang populer, dengan truk menampilkan pola bunga dan kaligrafi yang rumit. Hal ini umum terjadi di Pakistan dan India . 



Selama Perang di Afghanistan , truk hias Pakistan yang melayani layanan antara Pakistan dan Afghanistan kemudian dikenal sebagai truk jingle oleh pasukan dan kontraktor Amerika yang ditempatkan di negara terakhir tersebut.



*Asal "truk Jingle".


Istilah "truk jingle" adalah bahasa gaul militer yang diciptakan oleh pasukan Amerika yang bertugas di Afghanistan , meskipun mungkin juga berasal dari masa kolonial Inggris . Istilah ini muncul karena suara gemerincing truk akibat rantai dan liontin yang digantung di bemper kendaraan. 



*Artistik



Banyak truk dan bus yang sangat disesuaikan dan didekorasi oleh pemiliknya. Dekorasi truk luar bisa menghabiskan biaya ribuan dolar. 


Dekorasinya sering kali mengandung unsur-unsur yang mengingatkan pengemudi truk akan rumahnya, karena mereka mungkin berada jauh dari rumah selama berbulan-bulan. 



Seni merupakan salah satu cara berekspresi para pengemudi truk. Dekorasi dapat berupa perubahan struktur, lukisan , kaligrafi , dan dekorasi hias seperti cermin pada bagian depan dan belakang kendaraan serta ukiran kayu pada pintu truk. Penggambaran berbagai adegan sejarah dan syair puisi juga umum terjadi. [8] Perlengkapan sering kali diselesaikan di bengkel pelatih. 



 Rantai dan liontin sering kali menjuntai di bemper depan. Di India, motif yang menggambarkan elang, layang-layang, sapi yang sedang memakan anak sapi, dan nazar battu , serta slogan seperti " Tanduk Oke Tolong ", " Tiup Tanduk " dan " Gunakan Gayung di Malam Hari " sering terlihat.  Ikonografi keagamaan, puisi, dan logo politik juga umum terjadi. 



*Seniman


Salah satu seniman truk paling terkemuka adalah Haider Ali . Dilatih oleh ayahnya sejak masa mudanya, dia pertama kali mendapat perhatian internasional pada tahun 2002 ketika dia melukis truk Pakistan sebagai bagian dari Smithsonian Folklife Festival . 


Nafees Ahmad Khan, seorang seniman seni truk di Indore , terkenal di seluruh India dan telah merancang satu truk setiap hari selama lebih dari tiga puluh dua tahun. 



 Tuan Syed Phool Badshah, juga dikenal sebagai Phool ji, adalah seniman truk terkenal yang terkenal karena gaya uniknya dalam membuat Seni Rupa dengan seni Truk. 

____

Cat:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar