Bus atap terbuka sebagai bus wisata dunia
Bus atap terbuka adalah bus , biasanya tetapi tidak hanya bus tingkat , yang dibuat atau dimodifikasi untuk beroperasi tanpa atap.
Bus-bus pada awalnya dibangun tanpa atap, namun belakangan ini bus-bus tersebut hanya dibangun untuk layanan wisata dan tamasya. Ada pula yang dibuat dengan melepas seluruh atau sebagian atap dari bus yang lebih konvensional.
Hingga tahun 1920-an, sebagian besar, jika tidak semua, bus tingkat dibangun tanpa atap di dek atas, dan merupakan bus "open-toppers" yang asli.
Bus atap terbuka kini terutama digunakan sebagai bus wisata untuk jalan-jalan di kota, atau di sekitar monumen pedesaan atau kawasan minat khusus. Ini sering kali mencakup peralatan informasi khusus, dan corak warna-warni yang menggambarkan rute.
Bus atap terbuka digunakan di beberapa daerah pada layanan bus angkutan umum reguler , di daerah beriklim hangat, atau sebagai layanan musiman di daerah beriklim sedang.
Layanan musiman sering kali dilakukan di kota-kota tepi pantai, atau di sepanjang rute pedesaan atau pesisir dengan kualitas pemandangan tertentu.
Bus atap terbuka sering digunakan untuk parade kemenangan tim olahraga, dan sebagai platform tontonan sementara di acara seperti The Derby . Atasan terbuka antik juga dapat disewa untuk acara seperti pernikahan. Mereka mungkin digunakan oleh orang-orang terkemuka dalam parade untuk memastikan visibilitas maksimum; ini mungkin merupakan masalah keamanan seperti pada mobil atap terbuka; pada tahun 2009 sebuah bus atap terbuka yang membawa keluarga kerajaan Belanda diserang oleh seorang penyerang.
*Jenis
Puncak terbuka bus wisata tradisional biasanya berupa bus warisan yang dipugar, atau bus standar yang diubah. Kadang-kadang bus diubah fungsinya jika bagian atasnya rusak karena menabrak rintangan rendah, misalnya jembatan. Operator tur terkadang mengekspor bus tingkat dari Inggris , dan mengubahnya menjadi bus atap terbuka.
Hal ini untuk memberikan kesan bus khas Inggris, seperti bus AEC Routemaster London, meski seringkali bus yang sebenarnya dibeli bukanlah Routemaster.
Tersedia desain bus atap terbuka yang modern, saat ini dengan fitur akses mudah gandar panjang dan lantai rendah seperti yang terlihat pada bus atap tertutup konvensional. Banyak bus lain yang telah diubah dari bus konvensional yang tidak lagi diperlukan untuk layanan reguler sehingga mungkin tidak memiliki fitur-fitur tersebut.
Dek terbuka pada bus atap terbuka mungkin atapnya dilepas sebagian atau seluruhnya, dengan pagar pengaman. Bagian atap yang utuh boleh dibiarkan di depan atau belakang, dan tinggi jendela penuh/setengah boleh tetap di bagian terbuka.
Beberapa bus atap terbuka memiliki bagian atap yang dapat dipasang kembali, agar dapat dipasang pada cuaca buruk. Beberapa mungkin juga memiliki kursi dek atas yang tahan cuaca.
___
Cat :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar